Kades di Luwu Timur Ikuti Bimtek Perencanaan Pembangunan Desa

Kades di Luwu Timur Ikuti Bimtek Perencanaan Pembangunan Desa

LUWU TIMUR - Para Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Luwu Timur mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Perencanaan Pembangunan Desa.

Bimtek ini dibuka Bupati Luwu Timur, H. Budiman didampingi Wakil Ketua I DPRD, HM. Siddiq BM. dan Sekda, H. Bahri Suli, yang berlangsung di Hotel Mercure Nexa, Kota Makassar, Kamis dan kegiatan ini berlangsung 27 hingga 30 Mei 2021.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah memberikan secercah harapan baru kepada segenap pelaku pembangunan di desa untuk mewujudkan desa yang lebih mandiri dan sejahtera melalui penciptaan keberdayaan desa.

Menurutnya, semangat perubahan dalam Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memandang desa sebagai sebuah entitas yang memiliki hak dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat, dengan tujuan penyelenggaraan pembangunan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia.

“Hakikatnya pembangunan desa ditujukan untuk penanggulangan kemiskinan melalui penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan, ” kata Budiman.

Dalam konteks perencanaan pembangunan desa, kata Budiman, amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa harus di respon dengan cermat oleh Pemerintah desa dan para pelaku pembangunan di desa, terlebih dengan semakin besarnya alokasi jumlah anggaran yang di berikan kepada desa tentunya harus di imbangi dengan peningkatan kreativitas dan inovasi dari segenap pelaku pembangunan desa dalam menyusun program dan kegiatan pembangunan desa.

Terkait Bimtek ini, orang nomor satu di Luwu Timur ini mengatakan agar peserta bimtek dapat memahami konsep sinergitas perencanaan pembangunan daerah dengan perencanaan pembangunan desa, kemudian mampu memahami konsep dasar perencanaan pembangunan desa sehingga dapat menyusun perencanaan pembangunan desa yang berkualitas, mampu menyusun perencanaan pembangunan desa berbasis potensi/karakteristik dan kebutuhan desa dan cara memberdayakan masyarakat dan kelembagaan di desa dalam penyusunan perencanaan desa.

Selain itu, lanjutnya lagi, Bimtek ini juga diharapkan agar para kades mampu mewujudkan konsistensi dan keselarasan antara perencanaan pembangunan dan penganggaran desa, kemudian mampu merencanakan pengadaan barang dan jasa ditingkat desa, serta mampu menatausahakan dan menyusun pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan desa atau APBDesa.

“Melalui bimtek ini, saya berharap proses perencanaan dan pembangunan desa kedepan akan lebih maju, terarah dan berkelanjutan, ” tutupnya. (SH)

Lutim Sulsel
Suhardi

Suhardi

Previous Article

Tim Penilai Lomba Perpustakaan Sekolah Sambangi...

Next Article

Aliansi Pemuda Muslim Nabire Kirim Ambulans...

Related Posts

Peringkat

Profle

Suhardi

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 82

Postingan Tahun ini: 225

Registered: Apr 15, 2021

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 53

Postingan Tahun ini: 204

Registered: Apr 13, 2021

Eka Putra

Eka Putra

Postingan Bulan ini: 52

Postingan Tahun ini: 127

Registered: Apr 16, 2021

Yulistar

Yulistar

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 119

Registered: Apr 15, 2021

Profle

Ryawan Saiyed

Terdakwa Agung Sucipto, JPU Tanya Saksi Peran NA, Asdar Akbar: Sidang Aneh
Anggota DPR RI Azikin Solthan Minta Kementan  Distribusikan Alsintan ber-SNI 
Akhirnya Pembunuh Mantan Istri Buron Selama 66 Bulan Berakhir Di Tangan Team Opsnal Polsek Pinggir
Dua Pekan Pengintaian, Teamsus Elang Malaka Gagalkan Pengiriman 19 Kg Sabu dan 19 Bungkus Ekstasi ke Pekanbaru

Follow Us

Recommended Posts

Tegas! Dewan Ini Minta PT SMS Minggat di Luwu Timur
Sambut Hari Bhayangkara Ke-75, Polres Luwu Timur Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi
Kuasai Sabu, Pasutri di Luwu Timur Diringkus Polisi
Bupati Luwu Timur Masuk Dalam Jajaran Dewan Pengurus APKASI 
Proyek Pengaspalan Terkesan Asal Jadi, Dewan Minta Bupati Luwu Timur PT SMS