Pemkab Luwu Timur Gelar FGD Penyusunan Matriks TPB/SDGS

Pemkab Luwu Timur Gelar FGD Penyusunan Matriks TPB/SDGS

LUWU TIMUR - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Luwu Timur menggelar Focus Group Discussion (Rapat Koordinasi) Penyusunan Matriks Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGS) Kab. Lutim Tahun 2021-2026, di Aula Kantor Bapelitbangda, Kamis (10/06/2021).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Administrasi Umum, Askar. Turut dihadiri Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lutim, Kepala Bapelitbangda, Dohri Ashari, para Staf Ahli dan OPD terkait, dengan menghadirkan narasumber dari Bapelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan yakni Kasubid Data dan Informasi, Reza Eggy Pandevi, S.STP, MM. dan Fungsional Perencana Madya, Pebriani M. S.K.M, M.Kes.

Asisten Administrasi Umum, Askar mewakili Bupati dalam sambutannya mengatakan, tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) adalah pembangunan yang menjaga peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkesinambungan, pembangunan yang menjaga keberlanjutan kehidupan sosial masyarakat, pembangunan yang menjaga kualitas lingkungan hidup serta pembangunan yang menjamin keadilan dan terlaksananya tata kelola yang mampu menjaga peningkatan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Lanjut Askar, Upaya pencapaian target TPB/SDGs menjadi prioritas pembangunan nasional yang memerlukan sinergi kebijakan perencanaan di tingkat Nasional dan di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang lebih komprehensif dengan memperluas sumber pendanaan, menekankan pada hak asasi manusia, inklusif dengan pelibatan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan Media, Filantropi dan Pelaku Usaha, serta Akademisi dan Pakar.

Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, sambungnya, merupakan salah satu daerah yang siap untuk menyongsong TPB/SDGs, dimana Bapelitbangda telah melakukan penyusunan baseline sekaligus melakukan evaluasi capaian TPB/SDGs Kabupaten Luwu Timur Tahun 2016-2021 sebagaimana yang ditentukan dalam Pedoman Teknis Penyusunan Rencana Aksi TPB/SDGs yang disusun sebagai Rencana Kerja 5 (lima) tahunan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan yang secara langsung maupun tidak langsung mendukung pencapaian target Kabupaten Luwu Timur.

“Saya mengharapkan kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir untuk memberikan sumbangan pemikiran, sehingga Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kabupaten Luwu Timur dapat diintegrasikan ke dalam Agenda Pembangunan Daerah melalui Penyusunan KLHS RPJMD dan RPJMD Kabupaten Luwu Timur Tahun 2021-2025 dan pada gilirannya akanmendukung Capaian Rencana Aksi Daerah TPB/SDGs Provinsi Sulawesi Selatan serta dapat tercapai secara maksimal, ” kata Askar.

“Terakhir, yang terpenting adalah adanya sinkronisasi dan sinergitas antar/inter program Pembangunan yang kemudian diharapkan akan mampu mengoptimalkan pemanfaatan potensi wilayah serta menjawab permasalahan terkait pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, ” tandas Askar. (SH)

Lutim Sulsel
Suhardi

Suhardi

Previous Article

Tingkatkan Kemampuan Pelaku Usaha Perdagangan,...

Next Article

Kapolda Sulsel Letakkan Batu Pertama Pembangunan...

Related Posts

Peringkat

Profle

Suhardi

Pardal Riyanto

Pardal Riyanto

Postingan Bulan ini: 82

Postingan Tahun ini: 225

Registered: Apr 15, 2021

siswandi

siswandi

Postingan Bulan ini: 53

Postingan Tahun ini: 204

Registered: Apr 13, 2021

Eka Putra

Eka Putra

Postingan Bulan ini: 52

Postingan Tahun ini: 127

Registered: Apr 16, 2021

Yulistar

Yulistar

Postingan Bulan ini: 43

Postingan Tahun ini: 119

Registered: Apr 15, 2021

Profle

Ryawan Saiyed

Terdakwa Agung Sucipto, JPU Tanya Saksi Peran NA, Asdar Akbar: Sidang Aneh
Anggota DPR RI Azikin Solthan Minta Kementan  Distribusikan Alsintan ber-SNI 
Akhirnya Pembunuh Mantan Istri Buron Selama 66 Bulan Berakhir Di Tangan Team Opsnal Polsek Pinggir
Dua Pekan Pengintaian, Teamsus Elang Malaka Gagalkan Pengiriman 19 Kg Sabu dan 19 Bungkus Ekstasi ke Pekanbaru

Follow Us

Recommended Posts

Tegas! Dewan Ini Minta PT SMS Minggat di Luwu Timur
Sambut Hari Bhayangkara Ke-75, Polres Luwu Timur Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi
Kuasai Sabu, Pasutri di Luwu Timur Diringkus Polisi
Bupati Luwu Timur Masuk Dalam Jajaran Dewan Pengurus APKASI 
Proyek Pengaspalan Terkesan Asal Jadi, Dewan Minta Bupati Luwu Timur PT SMS